Jumat, 21 Juni 2013

Perencanaan dan Hasil Operasional Usaha

Perencanaan dan Hasil Operasional Usaha

Perencanaan yang detail akan membuat kita lebih siap dalam menghadapi risiko. Perencanaan yang baik akan mendorong rasa percaya diri yang tinggi dan rasa optimis untuk sukses dari usaha yang dikelolanya. Usaha yang sudah direncanakan dengan baikpun kadang kala mengalami kegagalan. Perencanaan yang baik harus dirumuskan dalam berpikir dengan SMART ( Specific, Measurable, Achievable, Reality, Trackable).
Selain dengn perencanaan SMART tersebut juga dengan penetuan lokasi dan fasilitas pendukung (layout), dengan menentukan lokasi yang strategis untuk menentukan keberhasilan suatu usaha. Selain itu juga harus menentukan pengorganisasian dan pengeloalaan sumber daya manusia yang dijalankan oleh manusia. Semua faktor produksi  berupa tanah, mesin dan bangunan tidak akan berhasil tanpa adanya manusia.
Struktur organisasi juga menggambarkan untuk mencapai tujuan yang efisien terdapat juga pendekatan mutu terhadap proses operasionalisasi wirausaha yang memperhatikan mutu dalam proses produksi, pelayanan dan manajemen konsep mutu yang erkembang yaitu Total Quality Management (TQM), yaitu adanya kemauan dalam melakukan perbaikan secara terus-menerus yang melibatkan karyawan untuk mencapai kualitas yang 'excellent' selain itu juga harus dibutuhkan seorang pemimpin wirausaha untuk bisa memotivasi orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar